Tahapan Sempurna Pinjaman Masakan Pendamping Asi Usia 6 Hingga 7 Bulan

Juni 23, 2019 By karim6000

Sebagai Emak-Emak, tentu kita ingin menunjukkan yang terbaik untuk belum dewasa kita, termasuk mengetahui secara sempurna wacana tahapan kontribusi kuliner pendamping ASI (MPASI). Alasannya lantaran hal ini terkait dengan kesiapan pencernaan buah hati kita untuk mencerna kuliner yang juga berkembang secara bertahap. Memaksakan memberi kuliner tanpa memperhatikan tahap perkembangan pencernaannya akan menciptakan kesehatannya terganggu.

 

Jika sudah begitu, Anda sendiri yang menjadi biang dari terhambatnya tumbuh kembang buah hati tercinta. Itulah sebabnya, sebelum tetapkan untuk memberi kuliner jenis apa untuk buah hati sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu tahapan sempurna untuk menunjukkan kuliner yang menjadi pendamping ASI sebagai asupan yang masih tetap penting untuk mereka. Kali ini  akan kita bahas mengenai kuliner pendamping ASI untuk usia 6-7 Bulan. Tahap pertama dari pengalaman mereka mencerna kuliner selain ASI sehabis bayi lulus ASI ekslusif selama 6 bulan pertama kehidupannya.

 

 tentu kita ingin menunjukkan yang terbaik untuk anak Tahapan Tepat Pemberian Makanan Pendamping ASI Usia 6 Sampai 7 Bulan

 

Manfaat MPASI usia 6-7 bulan

Pemberiaan Makanan Pendamping ASI pada tahap ini berfungsi untuk merangsang tumbuhnya gigi serta melatih kemampuan motorik bayi untuk bisa memegang makanannya sendiri. Untuk kuliner pertama bayi di usia  bulan bisa dimulain dengan memberi mereka kuliner yang bentuknya lunak. Contohnya bubur susu atau biskuit yang dicairkan dengan ASI.

Bubur susu ini bisa Anda buat dari tepung beras yang dicampur dengan ASI, bisa beras merah atau putih. Untuk menghindari kebosanan bisa juga diberi kacang hijau atau labu kuning yang dilumatkan. Secara sedikit demi sedikit mulai dikenatalkan seiring dengan berkembangnya kemampuan menelan dan pencernaan bayi Anda yang semakin kuat.

Pengenalan Berbagai Jenis Makanan

Sebaiknya tidak mencampur bahan-bahan kuliner di awal untuk memperkenalkan bayi bagaimana rasa dari kuliner yang Anda berikan. Selain itu, kita juga sanggup mengetahui apakah materi kuliner tersebut menciptakan bayi alergi atau tidak. Anda bisa berika 2 hingga 3 hari kuliner yang sama kemudian mengganti yang lainnya. Ini termasuk dalam kontribusi buah yang dilumatkan. Ketika bayi sudah mengenal rasa satu jenis buah gres berikan buah lainnya atau bisa dicampur dengan bubur susunya.

pada usia 7 bulan barulah diberi bubur saring dengan banyak sekali materi yang merupakan sumber karbohidrat mulai dari beras, kentang, kacang hijau, roti, makaroni atau ubi. Berikan sumber protein sebagai adonan dari makanannya mulai dari kuning telur, ikan atau ayam yang dihaluskan. Beri juga sayuran yang sudah dihaluskan sebagai adonan pada makanannya.

Porsi Makan Bayi 6-7 Bulan

Pemberiaan kuliner pada usia ini dimulai dengan 2 sendok makan tiap kali makan terus ditambah hingga 7 sendok makan tergantung dari harapan bayi untuk makan. Jangan memaksanya jikalau ia tidak mau, sebaiknya tunda pada waktu lain. Memaksanya makan hanya akan menciptakan bayi Anda stress berat atau bahkan ia tidak mau lagi makan.

Sebaiknya buat aktivitas tetap sebagai waktu makan mereka. Jangan menunggu bayi lapar atau  bahkan membiarkan mereka mengantuk sebelum waktunya makan. Rasa kantuk dan terlalu lapar hanya akam menciptakan bayi menjadi rewel dan justu tidak mau makan.

Jadwal Makan Bayi 6-7 Bulan

Berikut ini salah satu teladan aktivitas kontribusi makan untuk bayi usia 6 hingga 7 bulan:

    • Beri ASI ketika mereka berdiri tidur hingga jam 7 pagi sebagai kuliner pertamanya.
    • Jam 9 saatnya memberi bayi Anda bubur susu.
    • Berikutnya yakni kontribusi kuliner selingan dengan menunjukkan mereka buah-buahan yang dilumatkan atau diberi sarinya saja jikalau yang Anda pilih yakni buah lembap menyerupai jeruk atau semangka pada jam 11 hingga 12 siang.
    • Jam 2 siang biasanya mereka sudah mulai lapar kembali. Saatnya memberi mereka makan lagi dengan hidangan bubur susu.
    • Selanjutnya, jam 5 beri bayi Anda kuliner selingan lagi. Bisa buah atau biskuit yang sudah dilumatkan dengan susu.
    • Makan terakhir pada jam 6 sore dengan memberi mereka ASI sebagai kuliner epilog menjelang tidur.

Nah, sudah siap memberi bayi Anda makan? Jangan panik atau takut, berikan saja dengan santai dan tetap dengan keceriaan semoga mereka bisa melewati tahap ini dengan baik. Selama apa yang Anda berikan yakni kuliner yang sehat dan bergizi. Tentunya sesuai dengan tahapan yang sempurna kontribusi Makanan Pendamping ASI usia 6 hingga 7 bulan ini bayi Anda akan tetap sehat dan mempunyai tumbuh kembang yang baik.